Microsoft Office adalah sebuah
program aplikasi perkantoran yang dibuat oleh Microsoft untuk menunjang
berbagai kegiatan perkantoran. Microsoft Office dirancang untuk dijalankan
dibawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X.
Sejarah Microsoft Office
Sejarah Microsoft Office dimulai pada bulan
Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft
Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows
2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0.
Lalu setelah populer, pada tahun 1995
Microsoft kembali meluncurkan aplikasi kantoran ini dengan versi 1995 bersama
dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total
Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup
signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan
sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan
semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar
masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah
meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap
digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari
Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft
Office 2000, Microsoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, Microsoft
Office 2007 dan yang terakhir sampai sekarang adalah Microsoft Office 2010.
Perkembangan Microsoft Office
#1 Microsoft Office 3.0
Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini adalah versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis, yang ditambahkan Microsoft Access 1.1.
#1 Microsoft Office 3.0
Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini adalah versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis, yang ditambahkan Microsoft Access 1.1.
#2 Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2
Microsoft Office 4.0 dirilis berisi Word 6.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail. Firman itu disebut Word 6.0 sebagai sudah ada versi Macintosh Word 3, 4 dan 5 (Excel dan PowerPoint sudah bernomor sama dengan versi Macintosh).
#3 Microsoft Office 95
Dirilis pada bulan Agustus 1995. Sekali lagi, nomor versi yang diubah untuk menciptakan paritas di paket – setiap program yang disebut versi 7.0 kecuali Word. Ia dirancang sebagai sebuah versi 32-bit sepenuhnya cocok dengan Windows 95. Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, 7.0 PowerPoint, dan Schedule + 7.0. Edisi profesional berisi semua item dalam versi standar ditambah Access 7.0. Jika versi profesional dibeli dalam bentuk CD-ROM, juga termasuk Bookshelf.
#4 Microsoft Office 97
Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
#5 Microsoft Office 2000
Pada versi ini bayak opsi – opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Activation. Enak kan? Product activation mulai ada di versi selanjutnya.
#6 Microsoft Office XP (2002)
dirilis bersamaan dengan Windows XP, dan merupakan upgrade besar dengan berbagai perangkat tambahan dan perubahan atas Office 2000. Office XP memperkenalkan fitur Safe Mode, yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook untuk boot jika dinyatakan mungkin gagal. Kantor Safe Mode memungkinkan untuk mendeteksi dan memperbaiki atau memotong sumber masalah, seperti registry yang rusak atau rusak add-in. Tag Smart adalah sebuah teknologi diperkenalkan dengan Office XP. Beberapa tag cerdas beroperasi berdasarkan aktivitas pengguna, seperti membantu dengan kesalahan mengetik. Tag ini pintar yang disertakan dengan produk, dan tidak diprogram. Untuk pengembang, meskipun, ada kemampuan untuk membuat tag kustom cerdas. Dalam Office XP, tag kustom pintar bisa bekerja hanya dalam Word dan Excel. Microsoft Office XP termasuk perintah suara terintegrasi dan kemampuan dikte teks, serta pengenalan tulisan tangan. Office XP adalah versi terakhir untuk mendukung Windows 98, ME dan NT 4.0. Ini adalah versi pertama membutuhkan Aktivasi Produk sebagai tindakan anti-pembajakan, yang menarik kontroversi luas.
#7 Microsoft Office 2003
Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.
#8 Microsoft Office 2007
Ms Office 2007 |
Diselesaikan pada tanggal 15 April 2010, dan
dibuat tersedia bagi konsumen pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 diberi
nomor versi 14,0, untuk menghindari nomor versi 13.0 karena takhayul yang
berhubungan dengan nomor tiga belas. Fitur utama dari Office 2010 termasuk menu
file belakang panggung, alat-alat kolaborasi baru, pita disesuaikan, melihat
dilindungi dan panel navigasi. Microsoft Office 2010 juga dilengkapi dengan
logo baru, yang mirip dengan logo 2007, kecuali di emas, dan dengan bentuk yang
sedikit dimodifikasi.
#10 Microsoft Office 2013
Ms. Office 2013 |
Microsoft Office 2013 yang sebelumnya adalah Office 15 adalah versi terbaru dari produk Microsoft Office suite untuk Microsoft Windows dan penerus dari Microsoft Office 2010. Office 2013 menyertakan berkas diperpanjang dukungan format, user interface update, dan dukungan untuk sentuhan. Office 2013 cocok untuk sistem IA-32 dan x64 yang memerlukan Windows 7 , Windows Server 2008 R2 atau versi yang lebih baru dari itu. Office versi 2013 datang disertakan pada perangkat Windows RT.